Tingkat persaingan sumber daya manusia (SDM) di pasar kerja nasonal dan  internasional terus meningkat seiring dengan peningkatan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi baru pada berbagai bidang usaha, serta kebutuhan tingkat profesionalisme (knowledge, hardskill,dan softskill) yang semakin tinggi (HELTS 2003-2010).

Salah satu komponen dari kemampuan profesional itu adalah kemampuan berbahasa Inggris yang saat ini sudah menjadi  tuntutan dalam berbagai bidang ilmu. Kemampuan berbahasa Inggris merupakan salah satu modal kunci untuk dapat bersaing di era kompetisi global. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai maka seseorang akan memiliki daya saing tinggi dan menjadi bagian dari komunitas internasional yang menuntut kemampuan berkomunikasi dalam bahasa internasional, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang paling banyak digunakan di berbagai belahan dunia.

Untuk itu LPPM dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Suryakancana Cianjur memiliki visi untuk mewujudkan Program Studi yang unggul, terdepan, dan terpercaya dalam bidang Ilmu pendidikan bahasa Inggris, serta menanamkan nilai-nilai kearifan lokal dan bermartabat. Sehingga untuk mewujudkan visi tersebut program studi Pendidikan Bahasa Inggris mempunyai misi diantaranya menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris secara profesional dan menjalin kerjasama dengan pihak terkait baik tingkat nasional, regional dan internasional.

Sejalan dengan itu untuk menjawab tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didukung Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (UU Dikti) bahwa perguruan tinggi yang ada di Indonesia tidak boleh membeda-bedakan antara bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Maka program studi bahasa Inggris merasa perlu untuk turut serta dalam pembinaan kemampuan bahasa Inggris terhadap masyarakat.

Sebagai bagian dari Lembaga Pelatihan Tenaga Kependidikan (LPTK), Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Suryakancana merasa terpanggil untuk ikut memperbaiki kualitas dosen terutama kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Seperti yang selama ini kita ketahui bahwa kualitas para dosen masih mengalami kesulitan ketika harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik dalam konteks akademis maupun non-akademis. Hal ini karena kurangnya motivasi dan juga terbatasnya media untuk mengembangkan kompetensi para dosen di antara kesibukan mereka yang lain.

Oleh karena itu, sebagai bagian dari sivitas akademika Universitas Suryakancana, yang peduli dengan peningkatan profesionalisme para dosen agar mampu bersaing di dunia internasional, maka Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Suryakancana Cianjur bermaksud menyelenggarakan Presentation and  Public Speaking Workshop yang diperuntukkan bagi para dosen di lingkungan Universitas Suryakancana Cianjur.